Tuesday, January 24, 2012

StartUp : Indah pada waktunya

Dunia blogging adalah sebuah proses dan investasi jangka panjang. Perlahan tapi pasti, jika kita tetap punya semangat dan konsisten, blog yang sedang kita bangun akan memberikan hasil sesuai keinginan dan harapan kita. Hasil itu bisa berupa keuntungan finansial maupun non finansial.

Hari ini saya mendapatkan pencerahan bahwa menjadi seorang blogger harus berusaha memilki sifat yang dimiliki oleh seorang petani. Apa maksudnya?


Begini ...
Seorang petani tentu memiliki target pencapaian atas apa yang sedang ditanamnya. Misalkan seorang petani menanam sayuran X dengan masa tumbuh 90 hari agar bisa dipanen, maka dia akan selalu merawat dan menjaga tanamannya.

Petani tidak pernah jemu untuk selalu menyiram dan memberikan pupuk terbaik agar tanaman bisa tumbuh subur sehingga diharapkan bisa memberikan hasil terbaik ketika saatnya telah tiba dalam waktu 90 hari tersebut.

Begitupun ketika kita memutuskan menjadi seorang startup blogger.

Pengertian startup adalah :
(Unknown): Startup Lokal adalah perusahaan baru yang biasanya bergerak di bidang teknologi informasi dan menggunakan media internet sebagai platform nya. Perusahaan ini menghasilkan produk-produk digital (seperti aplikasi web atau layanan melalui website)

Saya menganggap bahwa dunia blogging adalah startup lokal karena kita diibaratkan sedang berusaha membangun sesuatu di dunia maya. Dan, seperti petani, blogger juga harus punya target pencapaian.

Misalkan, saya berharap bahwa blog Tidares ini bisa menghasilkan sesuatu dalam waktu 1 - 2 tahun ke depan maka saya harus merawat dan memberikan gizi terbaik berupa update artikel yang bermutu dan/berupa fresh content agar blog ini terdeteksi dalam arti positif di mesin pencari.

Selain itu ya saya rutin memberikan backlink dari beberapa blog lain dan diusahakan mencarikan backlink dari blog dofollow atau blog yang mempunyai pagerank tinggi.

Seperti juga seorang petani, saya tidak bisa mempercepat hasil tanaman bisa cepat dipanen. Saya harus mencoba membiarkan proses berjalan alami dan tidak hasil instant. Jika prosesnya memakan waktu 1-2 tahun maka saya tidak bisa berharap 1-2 minggu bisa langsung panen walaupun tiba-tiba saya memposting 100 atau 1000 artikel dan disiram ribuan backlink gaib.

Sebuah blog yang langsung diberi ini itu secara instant malah berbahaya karena mungkin saja dianggap sebagai blog spam dan terlempar ke sandbox/ tempat sampah Google. Wah ... wah ...

Jadi, bersabar dan tetap punya semangat untuk ngeblog karena Insya Allah apa yang kita kerjakan hari ini akan indah pada waktunya.

Bagaimana menurut anda?

0 comments:

Post a Comment

Disclaimer:

This is a personal web site. Statements on this site do not represent the views or policies of my company. Tidares is not responsible for the views and opinions of any website linked to & from this page