Friday, January 13, 2012

[#Wisata] Pesta Durian di Kalijambe Purworejo

Nama buahnya adalah DURIAN karena mempunyai banyak duri tajam yang mengelilingi kulitnya. Sama seperti RAMBUTAN yang mempunyai banyak rambut. Mungkin ini agar gampang saja saat menyebutnya? Entahlah ... tapi ya memang buah enak ini disebut durian.

Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Durian juga biasa disebut sebagai "raja dari segala buah" (King of Fruit). Buah ini kontroversial. Meskipun banyak yang menyukainya, sebagian yang lain muak dengan aromanya.

Saat liburan Natal 2011 dan Tahun Baru 2012 kemarin, seya sempat menikmati durian dalam jumlah besar yang memuaskan karena harganya ekonomis dan rasanya dijamin MANTAP TOP MARKOTOP ... pokokmen MAK JOOOSSSS!!!


Saya ditrakir oleh teman lama masa cerita dewasa anak SMA, seorang 'juragan bis dan truk' yang juga mempunyai usaha kontraktor developer. Sebut saja namanya 'Mister MM'. Kamis malam selepas Isya' saya ditelpon.

Kata Mister MM, 'Tak traktir duren sak mblenger-mu! Makan di tempat sampai puas dan nanti bisa bawa pulang buat oleh-oleh anak isteri di rumah. Mau?
Ya jelas saja saya MAU BANGET! GRATISAN getoo loohh ... 'Siap bos! Besok saja bar Jumatan tak meluncur ke rumahmu.'

Pada waktu yang telah disepakati kami berempat (saya, Ipin, Mister MM dan adik MM) langsung berburu durian. Mister MM mengajak kami ke bakul duren langgananya di daerah Kalijambe Purworejo. Ternyata memang benar disini salah satu grosir durian. Bau harum langsung tercium ketika kami masuk ke warung kecilnya. Mak breeennnggg ... menggoda selera.

Bakul durian langsung menyambut kami dengan ramah. Sayang sekali saya lupa menanyakan namanya. Katanya, 'Suwe ra dolan rene, bos. Lagi sibuk ya?'

Mr. MM : 'Laahh, adikku mau ya katanya dari sini. Sebelum jumatan bali nggowo duren 5 biji. Langsung disikat sak omah, eh, aku kok ngerasa kurang. Ya iki tak ajak kancaku rene ben iso maem duren sak puas'e. Tolong pilihkan duren sing enak, kang.'

Bakul Duren : 'Siap, bos! Seperti biasa, nek ra enak rasah mbayar.'

Benar juga si mas bakul itu, duren pilihannya memang mantap. Kami berempat menyantap 9 buah duren matang pohon yang rasanya agak pahit manis (bingung kan?). Semua durian dikumpulkan dari daerah sekitar Purworejo.

Akhirnya, setelah puas pesta durian, kami siap-siap pulang. Mr MM memesan 7 buah lagi buat oleh-oleh. Total ada 16 durian. Harga per buah Rp. 20.000 - Rp. 40.000 tergantung besar kecilnya buah tetapi karena langganan ya kami mendapatkan harga kulakan bakul. Harganya rahasia, kasihan nanti mengganggu bisnis pedagang durian disana. Yang pasti super ekonomis dah ...


Ini tempat bakul durian, lokasi persisnya saya lupa. Yang pasti di KaliJambe Purworejo, dari Salaman Magelang ke arah Purworejo kira-kira 10-15 km.


Ini durian yang mau dibawa ke Jogja. Kata bakulnya, harga di Jogja lebih bagus sehingga keuntungan bisa berlipat.

Maaf, saya tidak mengupload foto saat kami makan durian karena privasi Mr MM. Hehehehe ...

3 comments:

  1. Masih terhitung mahal lah itu harganya, di kampungku sana bisa gratisan kalau pas musimnya.

    ReplyDelete
  2. @Lilih Prilian Ari Pranowo : betul sekali ... pesta!

    @rotyyu : enaknya ... andai saja saya punya lahan yg luas tentu menanam pohon durian sendiri jadi ga usah beli ... :)

    ReplyDelete

Disclaimer:

This is a personal web site. Statements on this site do not represent the views or policies of my company. Tidares is not responsible for the views and opinions of any website linked to & from this page