Saturday, February 4, 2012

Grebeg Mulud Kraton Yogya

Tidares - Prosesi Grebeg Mulud tahun Wawu 1945 Jawa akan diadakan pada Minggu 5 Februari 2012 sebagai Puncak acara Grebeg Mulud untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat akan mengeluarkan tujuh buah gunungan yang merupakan simbol berkah atau kemurahan hati raja kraton Yogyakarta kepada rakyatnya.

Gunungan itu akan diperebutkan di tiga tempat. Sebanyak lima gunungan akan diperebutkan di halaman Masjid Besar Kauman, Satu Gunungan di halaman kompleks Kepatihan dan Satu gunungan lagi dibawa ke Kadipaten Puro Pakualaman.

Adik Sultan Hamengku Buwono X, GBPH Prabukusumo, Sabtu (4/2/2012), mengatakan, "Keluarnya tujuh gunungan itu sebagai berkah dalem sekaligus merupakan tanda puncak acara Sekaten."

Ketujuh gunungan itu terdiri dari 3 gunungan kakung, satu gunungan putri, satu gunungan gepak, satu gunungan darat dan satu gunungan pawuhan. Semua gunungan terbuat dari aneka macam bahan makanan seperti beras, sayur dan buah-buahan atau hasil bumi.

Malam nanti akan dilakukan prosesi Gangsa Kondur atau kembalinya dua gamelan Kyai Naga Wilaga dan Kyai Guntur Madu ke kraton yang selama satu minggu telah dibunyikan di Bangsal Pagongan di halaman Masjid Besar Kauman.

"Bersamaan gangsa kondur juga ada prosesi nyebar udik-udik atau uang logam recehan," katanya.

0 comments:

Post a Comment

Disclaimer:

This is a personal web site. Statements on this site do not represent the views or policies of my company. Tidares is not responsible for the views and opinions of any website linked to & from this page