Monday, February 6, 2012

Cerita dibalik IPO Facebook

Tidares - Facebook bersiap melakukan penawaran saham perdana (IPO/Initial Public Offering). Dokumen IPO untuk proses ini sudah diserahkan kepada US Securities and Exchange Commission. Facebook mengaku berharap dapat menangguk sekitar USD 5 miliar ketika IPO itu digelar.

Facebook sendiri saat ini tercatat memiliki 845 juta pengguna di seluruh dunia. Dimana 483 juta pengguna di antaranya mengecek akun Facebook mereka setiap harinya.

Sementara dari sisi pemasukan, perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California, AS itu mengklaim memiliki annual revenue sebesar USD 3,7 miliar, serta USD 1,8 miliar operating income per tahun.

Beberapa cerita unik dibalik IPO Facebook adalah :

Mark Zuckerberg: Drop Out dari Harvard tetapi sukses bersama Facebook

Zuckerberg lahir 14 Mei 1984. Dia dibesarkan di Dobbs Ferry, New York. Pemuda berambut ikal ini memiliki tiga saudara. Ayahnya seorang dokter gigi dan sang ibu berprofesi sebagai psikiater.

Usia 11 tahun, Zuckerberg kecil mulai menulis pemrograman komputer. Dia memang dikenal sebagai anak cerdas dan masuk sekolah prestisius Philips Exeter Academy. Ia kuliah di salah satu universitas paling bergengsi di dunia, Harvard University.

Cikal bakal Facebook pun muncul. Zuckerberg meluncurkan Thefacebook.com dari kamar asramanya di Harvard, pada bulan Februari 2004. Ia menciptakannya bersama Dustin Mozkovitz, Chris Hughes, dan Eduardo Saverin.

Zuckerberg memutuskan drop out dari Harvard di bulan Mei 2004 untuk fokus mengembangkan Facebook di Silicon Valley, wilayah pusat teknologi di Amerika Serikat. Dia menerima pendanaan besar pertamanya sebanyak USD 500 ribu dari pendiri PayPal, Peter Thiel.

Sheryl Sandberg : Wanita Terkaya karena Facebook

Sandberg memiliki 1.899.986 lembar saham, di saham umum Facebook. Dia juga memegang 39.321.041 opsi dan unit saham terbatas yang belum diberikan. Jika telah diberikan semuanya dan IPO Facebook diperkirakan memiliki valuasi USD 87,5 miliar, opsi saham Sandberg bisa membuatnya menjadi miliuner.

Sandberg bisa meraup kekayaan sekitar USD 2 miliar. Opsi ini kabarnya akan diberikan secara penuh empat tahun setelah Oktober tahun ini. Di deretan wanita terkaya dunia, Oprah Winfrey masih yang terkaya dengan kekayaan bersih USD 2,7 miliar. Namun Sandberg bisa melampaui CEO Hewlett-Packard Meg Whitman yang kekayaannya diperkirakan USD 1,3 miliar.

David Choe : dekorator lukis dengan pembayaran tertinggi

David Choe pada tahun 2005 melukis mural di kantor pusat Facebook, kala situs jejaring itu baru saja didirikan. Sebagai bayaran, ia ditawari uang tunai atau saham Facebook.

Choe lebih memilih dibayar dengan saham meski kala itu ia belum tahu apakah Facebook akan sukses. Pilihannya pun tepat, sebab Facebook kini menjadi sangat bernilai.

Facebook akan segera menjadi perusahaan publik dan saham yang dimiliki Choe diprediksi akan bernilai USD 200 juta atau sekitar Rp 1,7 triliun. Choe sejatinya hanya punya secuil saham Facebook, yaitu sekitar 0,25%. Namun jumlahnya tetap besar mengingat tingginya nilai Facebook.

Marianne Oleson : menjual lembaran saham palsu melalui akun Facebook miliknya

Seorang wanita asal Wisconsin, Amerika Serikat (AS), dijerat pasal penipuan dan pencurian karena berupaya mengambil keuntungan dengan mendompleng penawaran saham perdana atau IPO (Intitial Public Offering) Facebook yang sedang ramai diberitakan.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (3/2/2012), Oleson lantas mempengaruhi dan mengiming-imingi sejumlah orang untuk membeli saham palsu tersebut untuk periode empat bulan. Akibat perbuatannya, Oleson dikenai 31 pasal mengenai pencurian, pemalsuan, dan membuat pernyataan yang menyesatkan.

1.000 Karyawan Facebook akan Jadi Jutawan

Diperkirakan sekitar 500 sampai 1.000 karyawan yang punya jatah opsi saham di perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California itu akan menjadi jutawan. Nilai Facebook sendiri diperkirakan bisa mencapai USD 100 miliar.

Tak diketahui secara pasti seberapa banyak saham yang dimiliki masing-masing pekerja Facebook. Opsi pemberian saham tergantung jabatannya dan berapa lama ia mengabdikan diri di situs jejaring sosial terbesar dunia ini.

Laporan Reuters menyebutkan di tahun 2009, teknisi Facebook dengan pengalaman kerja 15 tahun memiliki opsi membeli 65 ribu saham dengan harga USD 6. Valuasi saat ini membuat saham tersebut akan bernilai USD 12 juta.

0 comments:

Post a Comment

Disclaimer:

This is a personal web site. Statements on this site do not represent the views or policies of my company. Tidares is not responsible for the views and opinions of any website linked to & from this page