Sunday, February 5, 2012

How to sell website or Blog

Tidares - How to sell website or Blog - Bagaimana cara menjual website atau blog? Saya rasa hal ini penting untuk diulas karena banyak blog yang sepi pengunjung (seperti blog ini! :) ) sehingga (mungkin) secara bisnis tidak layak untuk diteruskan karena berakibat pemiliknya menjadi frustasi.

How to sell website or Blog, menjual disini bukan berarti website/ blognya kita jual/oper kepemilikan tetapi saya ingin sedikit mengulas tentang menjual artikel kepada pembaca sehingga jumlah pengunjung akan berlimpah ruah ke blog kita.

Beberapa trik menarik pengunjung blog adalah :

Blogwalking
Jika anda mempunyai waktu luang, silahkan manfaatkan teknik ini untuk mengunjunji blog lain dan meninggalkan komentar yang bermanfaat. Ingat tidak boleh komentar SPAM! Pada saat berkomentar biasanya di banyak blog disediakan form yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan nama dan URL blog kita. Ini adalah cara promosi murah meriah tetapi makan waktu.

Blog ramai yang dikunjungi ratusan bahkan ribuan orang adalah target anda saat blogwalking. Silahkan berdoa saja ada pengunjung dari blog ngetop itu yang mau singgah juga ke blog anda setelah melihat ada nama unik dalam komentar yang anda tinggalkan.

Membayar iklan promosi
Manfaatkan iklan promosi berbayar yang banyak disediakan oleh berbagai blog. Iklan ini bisa berupa iklan link, iklan banner maupun iklan reviews/ advertorial dengan mencantumkan URL yang menuju ke blog anda. Salah satu program yang cukup ngetop adalah Google Adword.

Tentu saja jika anda mempunyai kapital uang yang cukup, anda bisa menggunakan cara ini untuk menarik perhatian pengunjung blog.

Meminta orang untuk menampilkan URL link blog anda di blogroll
Banyak blog lain yang selalu menuliskan komentar begini :

  • Tukar link, gan
  • Eh, mau tukar link ga? Ini alamat link saya http://tidares.blogspot.com/
  • Link anda sudah terpasang di blog saya, gantian dong!

Biasanya banyak blog baru dengan tulisan yang masih minimalis sibuk nyepam kesana-sini untuk barter tukar link. Bahkan saya pernah menemui email dengan nada memelas dan menghiba agar saya mau secara sukarela mencantumkan link tersebut di blog yang saya kelola.

Sistem tukar link memang bagus tetapi tidak perlu kita memaksa dan mengemis orang lain berkenan mencantumkan link blog kita dalam blognya. Jika blog anda memang bagus dan bermanfaat maka percayalah bahwa banyak orang yang sukarela dan dengan sadar mau mencantumkan link kita dalam blogroll nya. Tidak perlu kita mengemis untuk tukar link.

Memanfaatkan Google
Cara ini yang paling saya suka. I love it! Google is my salesman! Saya mengandalkan kunjungan natural dari hasil search Google. Caranya ya dengan memasang jebakan kata kunci yang sedang ramai dibicarakan penjelajah dunia maya.

Saya menuliskan beberapa artikel dengan tema yang berbeda dan keywords trends. Mungkin pada awalnya kita coba-coba saja tetapi tidak ada salahnya untuk kita lakukan. Ada ratusan juta pengunjung Google dengan kebutuhan informasi yang berbeda pula. Jadi jika saya berharap banyak pengunjung ke tidares ini ya saya harus mengkoleksi banyak artikel agar pengunjung mempunyai banyak pilihan tema sesuai keinginannya.

Bagaimana menurut anda?

0 comments:

Post a Comment

Disclaimer:

This is a personal web site. Statements on this site do not represent the views or policies of my company. Tidares is not responsible for the views and opinions of any website linked to & from this page