Tuesday, February 14, 2012

Gempa bumi di California dan Jepang

Tidares - Wilayah California utara, Amerika Serikat, diguncang Gempa bumi berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR). Pusat gempa berlokasi di sekitar 10 kilometer dari Kota Weitchpec, tidak jauh dari perbatasan dengan negara bagian Oregon, AS. Gempa terjadi di kedalaman 33 kilometer. Demikian disampaikan badan Survei Geologi AS seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (14/2/2012).

California adalah negara bagian terpadat penduduknya di AS. Gempa bumi sering terjadi di California, yang dipicu oleh aktivitas di sepanjang patahan San Andreas dan melewati sebagian besar negara bagian tersebut. Sebelumnya pada tahun 1994, gempa berkekuatan 6,7 SR di Los Angeles menyebabkan setidaknya 60 orang tewas. Sementara gempa 6,9 SR di San Francisco pada tahun 1989 merenggut 67 nyawa.

Sementara itu Gempa bumi berkekuatan 6 Skala Richter (SR) juga terjadi Jepang hari ini, namun tak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan menyusul gempa ini. Badan Survei Geologi AS menyatakan, pusat gempa berada sekitar 166 kilometer sebelah timur laut Tokyo. Gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu menyebabkan gedung-gedung sempat bergoyang.

Sementara badan meteorologi Jepang seperti dilansir AFP, Selasa (14/2/2012) menyatakan, gempa tersebut berlokasi di lepas pantai prefektur Ibaraki, sebelah selatan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi yang mengalami kerusakan setelah gempa dan tsunami dahsyat pada Maret 2011 lalu.

Dilaporkan tidak ada kerusakan di PLTN tersebut akibat gempa hari ini. Hal itu disampaikan operator PLTN Fukushima Daiichi, Tokyo Electric Power Co. (TEPCO) yang menyatakan bahwa PLTN tersebut tetap stabil.

Sebelumnya pada Maret 2011, gempa 9 SR menimbulkan tsunami dahsyat yang menewaskan lebih dari 19 ribu orang di Jepang. Bencana itu melumpuhkan sistem pendingin PLTN Fukushima hingga menyebabkan kebocoran di sejumlah reaktor nuklirnya. Setelah itu, gempa-gempa susulan kerap terjadi di wilayah tersebut.

0 comments:

Post a Comment

Disclaimer:

This is a personal web site. Statements on this site do not represent the views or policies of my company. Tidares is not responsible for the views and opinions of any website linked to & from this page