Saturday, February 18, 2012

Pasar burung 'Sasana Kukila' Magelang

Tidares - Pasar burung 'Sasana Kukila' Magelang, terletak di Jalan Ikhlas, Magelang. Pasar ini dibangun di bekas Kerkhoff (makam belanda) yang ada di depan ruko-ruko di tepi bukit Tidar. Sayang Kerkhoff itu sudah musnah sejak 80an awal.

Suasana pasar ini akan ramai di Hari Pasaran Pahing (sering disebut - pahingan). Banyak pembeli yang berasal dari luar kota sengaja meluangkan waktu mengunjungi Pasar burung 'Sasana Kukila' Magelang sekedar cucimata atau bermaksud membeli binatang klangenan.

Berbagai satwa dijual disini, yang paling banyak ya burung dengan bermacam jenis. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi dan bisa di-nego sesuai situasi dan kondisi. Terkadang kita juga akan menemukan tokek, ular, biawak, kura-kura dan lain-lain binatang langka dijual di Pasar burung 'Sasana Kukila' Magelang.

Binatang tokek banyak dicari karena konon bermanfaat sebagai obat AIDS sehingga di beberapa web disebutkan kalau tokek harganya mahal. Tentu saja ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Silahkan search Google saja.

Minyak dan abon ular juga tersedia. Biasanya Konsumen membeli untuk obat gatal dan penyakit kulit. Salah satu penjual legendaris adalah pak Saliman yang sering memperagakan adegan berbahaya untuk menarik perhatian pengunjung dan mempromosikan barang dagangannya.

Jika anda hobi memelihara binatang, tidak ada salahnya berkunjung kesini. Mungkin saja anda bisa menemukan 'sesuatu' dengan harga murah. Happy holiday!

Image dari pages Wisata Magelang, photo by Solis

3 comments:

  1. ini sblh mana to mas? bukan yg dkt terminal muntilan itu ya? kan ada pasar hewan jg toh klo g salah :D

    ReplyDelete
  2. salam kenal, wihhh tokek sampe uler ada yah :) pasar tradisional walau gimana bentuknya selalu asik tuk di kunjungi, kalau jalan2 mungkin tujuan utama pasar kali' yah ...

    ReplyDelete
  3. @tomi: dilereng bukit tidar, doeloe eks terminal lama sekarang sudah jadi komplek ruko. letaknya dibelakang ruko2 itu

    @ekoikhyar: semua ada! kalau enggak ada ya cari di tempat lain. hehehe

    ReplyDelete

Disclaimer:

This is a personal web site. Statements on this site do not represent the views or policies of my company. Tidares is not responsible for the views and opinions of any website linked to & from this page