Sunday, February 12, 2012

Citizen Journalism di Media Online

Tidares - Seiring dengan berkembangnya teknologi, Citizen Journalism menjadi sebuah fenomena di masyarakat. Dunia Internet membuat masyarakat mempunyai banyak alternatif berita dan perspektif suatu hal dari berbagai pihak. Jadi, tidah hanya jurnalis profesional aja yang bisa menyajikan berita. Masyarakat umum juga bisa menjadi jurnalis dengan menulis blog atau memuat gambar di twitter yang kadang-kadang justru memuat kejadian yang gak terlacak oleh para jurnalis profesional.

Leslie David Simon menyatakan bahwa internet dapat membuat setiap orang menjadi penerbit dengan pembaca yang luas. Internet dapat memberdayakan warga dam konsumen dengan menyediakan pengetahuan. Pernyataan ini relevan jika melihat fenomena citizen journalism yang di tawarkan media online, dan menjadi salah satu keunggulan dibandingkan media konvensional seperti media cetak.

Kelebihan citizen journalism salah satunya adalah kecepatan menerima informasi. kecepatan informasi dari publik bisa membantu instansi berita menerima dan mengolah informasi.

Berita di Media Online yang bersumber dari warga ini bersifat bebas, maka kebenaran dari informasi tersebut tidak bisa di percaya karena tidak adanya verifikasi data atau tidak di landasi dengan kaidah-kaidah jurnalistik yang lainnya sehingga seringkali keabsahan berita dari citizen journalism dianggap lemah sebagai jurnalisme yang berkualitas.

Tidak semua orang yang berperan dalam citizen journalism mengerti bagaimana proses sebuah informasi atau isu bisa berubah menjadi sebuah berita dan menjadi layak untuk disampaikan kepada publik.

0 comments:

Post a Comment

Disclaimer:

This is a personal web site. Statements on this site do not represent the views or policies of my company. Tidares is not responsible for the views and opinions of any website linked to & from this page