Friday, February 24, 2012

Harga BBM Naik

Tidares - Harga BBM naik! Yah, itu mungkin yang akan terjadi di negeri ini setelah kemarin ribut tarik ulur antara opsi pembatasan bbm bersubsidi dan harga bbm naik. Dalam waktu dekat kayaknya akan segera diumumkan besaran angka kenaikan harga bbm di Indonesia.

Tanda harga BBM naik sudah diucapkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, "Maaf kepada rakyat Indonesia karena harga BBM (bahan bakar minyak) akan naik".



Menurut saya pribadi, opsi harga BBM naik lebih tepat daripada pelaksanaan opsi pembatasan bbm bersubsidi yang ribet dan diprediksi banyak kebocoran karena ulah oknum yang mengambil kesempatan dalam kesempitan.

Harga BBM naik disebabkan situasi perekonomian dunia yang memburuk. Krisis ekonomi di zona euro dan ketegangan politik di Timur Tengah yang melibatkan Iran, Amerika Serikat, dan Eropa yang membuat harga minyak mentah dunia naik.

Hari Rabu, harga minyak mentah di Singapura untuk penyerahan April mencapai 106 dollar AS per barrel. Sementara harga minyak mentah Indonesia (ICP) sudah di atas 110 dollar AS, di atas asumsi makro APBN 2012, yakni 90 dollar AS per barrel. Presiden mengakui, kenaikan harga minyak mentah yang tinggi membuat Indonesia terpukul.

Pembatasan BBM bersubsidi dijadwalkan pada 1 April 2012. Ada tiga opsi yang disiapkan pemerintah, yakni menaikkan harga BBM bersubsidi, mengalihkan penggunaan BBM ke BBG, dan mengharuskan mobil pribadi memakai BBM nonsubsidi, seperti pertamax.

0 comments:

Post a Comment

Disclaimer:

This is a personal web site. Statements on this site do not represent the views or policies of my company. Tidares is not responsible for the views and opinions of any website linked to & from this page