Friday, February 17, 2012

Pasar Tanah Abang: grosir tekstil & pakaian


Tidares - Pasar Tanah Abang di Jln KH Mas Mansyur Jakarta sudah terkenal sebagai pusat grosir tekstil & pakaian. Kawasan wisata belanja ini menjadi pasar modern perdagangan tekstil yang paling besar di Indonesia.

Disini anda bisa mendapatkan Baju Murah Grosir dan Eceran dengan kualitas bagus dalam berbagai model dan trend terbaru mulai pakaian wanita, busana muslim, pakaian pria, dan pakaian anak-anak.

Tanah Abang mulai disebut pada abad ke 17, yaitu pada waktu kota Batavia diserang oleh tentara Mataram, tahun 1628 tentara Matarammengepung Batavia dari seluruh penjuru dan menggunakan Tanah Abangsebagai pangkalan, yang merupakan tanah berbukit dan di sekitarnya banyak di genangan rawa. Dari tanahnya yang merah atau Abang dalam bahasa Jawa, maka lahirlah nama Tanah Abang yang berarti Tanah Merah.

Di saat Gubernur Ali Sadikin, sekitar tahun 1972, pasar dibangun tiga lantai yang terdiri 4 blok dan ber-AC. Kemudian pada awal 1990 kembali diremajakan setelah terjadi kebakaran besar di pasar tersebut.

Tahun 2002, terdapat 7.546 buah tempat usaha dengan jumlah pedagang 4.648 orang. Menempati areal 82.386,5 meter persegi, bangunan Pasar Tanah Abang dibagi enam blokA-F.

Tapi sekarang ini Pasar Tanah Abang lebih dikenal sebagai Pusat Grosir selain kain, juga pusat grosir pakaian wanita, pria & anak, grosir busana muslim, grosir baju fashion import & kebaya, grosir sprei, grosir tas wanita, grosir mukena dan masih banyak macam produk lainnya.

Perkembangan beberapa tahun ini oleh pemda Jakarta dibangunlah dan di modernisasi Pasar Tanah Abang menjadi gedung perbelanjaan bertingkat 10 yang mewah dan modern serta nyaman yang dilengkapi air conditioner yang menjadikan pelanggan semakin betah berlama-lama belanja di Tanah Abang. Dengan jumlah kios yang lebih dari 10.000 dan suasana gedung Pasar Tanah Abang kini sudah jauh lebih modern dan nyaman.

Diolah dari berbagai sumber
Sumber image: http://tanahabangmode.com/node/76

2 comments:

  1. sayangnya untuk punya kios di tanahabang harus punya modal besar dulu. seandainya saja bisa gratis?

    ReplyDelete
  2. wah enak kalo punya kios di pasar tanahabang, tinggal jualan secara online dan offline pasti maknyusss
    salam kenal gan :)

    ReplyDelete

Disclaimer:

This is a personal web site. Statements on this site do not represent the views or policies of my company. Tidares is not responsible for the views and opinions of any website linked to & from this page