Sunday, February 5, 2012

Pindah Server Web Hosting

Tidares - Ini adalah catatan edisi curhat. Hehehe. Saya sudah menuliskan kalau akun blog berbayar saya mengalami kejadian tragis yaitu This account has been suspended. Sampai saat ini akun tersebut belum bisa dibuka dan aktif lagi seperti sedia kala.

Sore ini pihak hostmaster menelepon yang inti pembicaraannya adalah saya diberikan pilihan untuk Pindah Server Web Hosting. Semua proses akan ditangani olehnya dan saya dikenakan biaya service. Walah!

Ternyata Server Web Hosting yang saya sewa mengalami kendala akibat blog berbayar saya secara ajaib  mendapat kunjungan trafik tinggi setalah saya menuliskan artikel trends Google dan sedikit ada modifikasi teknik SEO. Kunjungan berlimpah membuat server down dan proses lemot sehingga mengganggu kinerja web lain pada server yang sama.

Saya melakukan Googling untuk mencari informasi tentang cara Pindah Server Web Hosting. Banyak blog yang sudah menuliskannya tetapi saya malah menjadi bingung dengan pokok bahasannya yang jauh dari bidang saya. Terus terang, saya pusing! Hehehe. Harap maklum, saya termasuk type gaptek banget!

Hasil googling memberi sedikit pengetahuan bahwa saat proses pindah hosting saya harus memperhatikan 3 hal berikut, yaitu :

  1. Merubah name servers domain dari hosting lama ke hosting baru
  2. Backup data dari hosting lama yang berupa database / mysql dan file pendukung yang digunakan seperti seluruh file yang pernah di upload dan file theme beserta plugin.
  3. Restore seluruh file beserta database dari hosting lama yang ada di folder wp-content.

Mungkin dalam minggu ini akan saya tentukan proses migrasi web hostingnya, apakah tetap di server lama dengan sedikit penambahan Bandwidth dan fasilitas lainnya ataukah saya harus segera pindah ke web hosting yang baru.
Bagaimana menurut anda?

0 comments:

Post a Comment

Disclaimer:

This is a personal web site. Statements on this site do not represent the views or policies of my company. Tidares is not responsible for the views and opinions of any website linked to & from this page