Sunday, February 26, 2012

Solusi Hemat BBM

Tidares - Pemerintah (kayaknya) sudah mantap menaikkan harga BBM untuk menekan anggaran dengan menurunkan nilai subsidi BBM. Kemungkinan harga BBM naik diangka Rp. 1.000 s.d Rp. 1.500/liter. Kondisi ekonomi global akibat harga minyak terus melambung tinggi hingga sempat mencapai 115 dollar AS per barel dan situasi Timur Tengah yang memanas membuat pemerintah kian mantap mengeluarkan keputusan kenaikan harga BBM.

Menurut saya, negara ini tergolong negara kaya raya. Buktinya ada milyaran dan bahkan triliyunan uang negara yang bisa digondol maling koruptor. Seandainya uang itu bisa diselamatkan tentu ekonomi Indonesia akan membaik dan Insya Allah rakyat menjadi sejahtera, pendidikan dan kesehatan lebih terjamin.



Tapi ya apa mau dikata, maling koruptor itu lebih pintar memainkan hukum dan menyembunyikan kekayaannya di dalam dan diluar negeri dengan berbagai macam cara jitu sehingga tidak bisa terdeteksi oleh detektif conan.

Kenaikan harga minyak dunia yang fluktuatif menjadi alasan yang tepat untuk menaikkan harga BBM, asal jangan sampai melupakan oknum pejabat melakukan korupsi yang berdampak merugikan anggaran keuangan negara.

Sebagai rakyat ya kita hanya bisa menerima keputusan pemerintah. Mungkin ini beberapa solusi hemat BBM yang bisa dilakukan.


Mulai membiasakan diri beraktifitas dan mobilitas dengan sepeda karena selain hemat BBM ternyata olahraga sepeda juga menyehatkan tubuh kita. Tinggalkan motor anda di rumah saja.


Manfaatkan secara maksimal penggunaan sepeda untuk membawa binatang dagangan yang akan dijual di pasar, seperti terlihat dari gambar diatas.


Pemanfaatan sepeda seperti ini juga bisa hemat BBM tapi ya terlalu berlebihan karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Pokokmen yang wajar-wajar sajalah, semua bisa selamat dan terhindar dari bahaya.

Solusi hemat BBM untuk mobil


Pergunakan mobil seperlunya saja untuk kebutuhan yang penting dan mendesak. Anda bisa memanfaatkan angkutan umum untuk rutinitas harian misalnya ke kantor, tempat kerja dan sekolah. Mobil cukup disimpan di garasi rumah saja, tetapi ya jangan disimpan di dalam kolam renang seperti ini karena maksud hati ingin hemat BBM malah boros penggunaan air bersih. Sayang sekali, Hemat Air untuk kehidupan generasi masa depan!


Jika anda tetap pengin membawa mobil untuk rutinitas harian, bisa menggunakan cara ini. Horse Power Car! Penggunaan tenaga kuda untuk menggantikan BBM (Bahan Bakar Minyak) karena selain berhemat ternyata anda jika mengurangi dampak polusi asap kendaraan. Silahkan dipertimbangkan usulan ini.


Atau mungkin cara yang ini? Aturan "3 in 1" di beberapa jalan protokol ibukota yang bermaksud untuk mengurangi kepadatan lalulintas ternyata dianggap kurang berhasil. Saat ini banyak orang yang mengendarai mobil hanya sendirian sehingga jika ada 100 orang maka kemungkinan ada 100 mobil yang memenuhi jalan. Jika dipakai cara ini mungkin hanya diperlukan 2 atau 3 mobil saja.

Cara hemat BBM yang lain adalah :



Meminjam sapu Harry Potter untuk mengantarkan anda ke tempat tujuan. Hemat BBM sekaligus anti polusi asap kendaraan. Konon, kecepatannya bisa melebihi mobil balap F1 di sirkuit lhoo.

Nah, ini tips yang terakhir.


Biasanya kenaikan harga BBM akan diikuti oleh kenaikan tarif dasar listrik (TDL). Mungkin anda juga harus mengurangi pemakaian elektronik di rumah khususnya AC untuk menemani tidur anda. Jika anda ingin suasana tidur yang sejuk bisa mencoba cara ini.

Bagaimana? Apakah anda mau mencoba 'Solusi Hemat BBM' yang saya tawarkan diatas?

Gambar dari berbagai sumber di hasil Search Google.

3 comments:

Disclaimer:

This is a personal web site. Statements on this site do not represent the views or policies of my company. Tidares is not responsible for the views and opinions of any website linked to & from this page