Friday, February 10, 2012

SPAM! Jebakan Diskon Hari Valentine

Tidares - Perayaan Valentine Day membuat banyak email spam terkirim dari alamat yang meragukan keberadaannya. Email penawaran bermacam jenis produk barang dan jasa dikawatirkan akan merugikan si pemilik akun.Jebakan Diskon Hari Valentine dengan iming-iming program diskon ini  dirancang dengan tujuan mendapatkan informasi pribadi dan finansial pengguna.

Dalam satu contoh spam, pengguna digoda untuk membeli perhiasan perak, emas, dan platina dengan janji hadiah tambahan gratis.

Dengan mengklik link yang telah disediakan, pengguna diarahkan ke sebuah halaman yang menanyakan informasi pribadi pengguna untuk menerima hadiah yang telah mereka pilih. Selain via email, hal yang sama juga terjadi pada beberapa jejaring sosial.

Symantec menyarankan pengguna Internet untuk melakukan best practice di bawah ini agar tidak menjadi korban serangan phising alias pencurian informasi:

  • Tidak membuka email yang tidak diharapkan dari sumber yang tidak dikenal.
  • Tidak mengklik laman apapun yang terdapat di dalam pesan email. Sebaiknya, ketik halaman tersebut di address bar.
  • Tidak membuka dokumen lampiran yang mengklaim sebagai kartu ucapan Valentine, e-card, dll.
  • Membeli produk dari website asli yang dilindungi oleh sertifikat SSL.
  • Menginstal software solusi antivirus dan antispam yang efektif.

0 comments:

Post a Comment

Disclaimer:

This is a personal web site. Statements on this site do not represent the views or policies of my company. Tidares is not responsible for the views and opinions of any website linked to & from this page