Wednesday, February 15, 2012

Wisata - Sendratari Ramayana Prambanan

Sendratari Ramayana atau Ramayana Ballet dipentaskan malam hari (hanya setiap selasa, kamis, dan sabtu), didukung lebih dari 200 penari dan musisi profesional.Pagelaran ini bisa disaksikan di panggung megah di area komplek Candi Prambanan , Jl Raya Jogja - Solo KM 16, Prambanan.

Ada 2 panggung yang digunakan yaitu panggung outdoor dengan background candi prambanan dan yang kedua adalah indoor Gedung Tri Murti.Selama bulan Mei - Oktober digelar di panggung terbuka Ramayana dengan latar belakang Candi Prambanan sedangkan di bulan November - April diadakan di panggung tertutup Gedung Tri Murti karena di bulan-bulan tersebut adalah musim penghujan. Saat terbaik untuk menyaksikan Sendratari Ramayana adalah di waktu bulan purnama ketika sinar bulan penuh akan menyinari malam yang penuh bintang.

Sendratari Ramayana ini perpaduan ragam kesenian Jawa berupa tari, drama dan musik dalam satu panggung dan satu momentum untuk menyuguhkan kisah Ramayana, epos legendaris karya Walmiki yang ditulis dalam bahasa Sanskerta. Sebuah kisah klasik tentang cinta, tipu muslihat, perang, kesetiaan, pengorbanan, sifat ksatria, patriotisme, dan keteguhan kepercayaan.

Kisah Ramayana yang dibawakan pada pertunjukan ini serupa dengan yang terpahat pada Candi Prambanan. Seperti yang banyak diceritakan, cerita Ramayana yang terpahat di candi Hindu tercantik mirip dengan cerita dalam tradisi lisan di India. Jalan cerita yang panjang dan menegangkan itu dirangkum dalam empat lakon atau babak, penculikan Sinta, misi Anoman ke Alengka, kematian Kumbakarna atau Rahwana, dan pertemuan kembali Rama-Sinta.

Tak ada dialog yang terucap dari para penari, satu-satunya penutur adalah sinden yang menggambarkan jalan cerita lewat lagu-lagu dalam bahasa Jawa dengan suaranya yang khas. Bagi anda yang tidak mengerti bahasa Jawa akan dibantu dengan narasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Pertunjukan ini berlangsung selama 2 jam, anda dijamin tidak akan bosan dan kecewa. Menyaksikan Sendratari Ramayana adalah sebuah pengalaman baru yang tidak akan terlupakan.

Sendratari Ramayana juga digelar di Purawisata Yogyakarta yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, sebelah timur Kraton Yogyakarta.

Reservasi Tiket dan informasi:
Prambanan Theatre
Jalan Raya Yogya – Solo Km 16 Prambanan, Yogyakarta 55571, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

Disclaimer:

This is a personal web site. Statements on this site do not represent the views or policies of my company. Tidares is not responsible for the views and opinions of any website linked to & from this page