Saturday, February 25, 2012

Dicari Karyawan Jujur, Rajin


Tidares, Dicari Karyawan Jujur, Rajin! - Itu kata seorang teman yang pagi menelponku untuk curhat soal bisnis UKM yang saat ini sedang dirintisnya. Si teman ini, sebut saja namanya Om Kerja Cerdas, uring2an karena sudah ditipu dan dikhianati karyawannya sehingga bisa mengganggu perputaran bisnis karena pelanggan kabur dari ouletnya.

Om Kerja Cerdas ini sedang mencoba bisnis kecil UKM berdagang 'Es Pisang Ijo Asli Makasar' di area Jakarta. Alhamdulillah sistem waralaba yang coba dijalankannya sudah bisa membuka 5 cabang dan beberapa calon investor menyatakan tertarik dan siap bergabung dalam bisnisnya.



Saat ini dia nampak marah dan mem-PHK 5 orang karyawannya karena ketahuan bekerjasama berbuat curang sehingga ada pelanggan yang komplain. Modusnya adalah mengurangi jumlah dan takaran produk sehingga kualitas menjadi menurun. Wow! Ini sangat berbahaya bagi kelangsungan bisnisnya ke masa depan.

Katanya, "Saya membuka Lowongan Pekerjaan. Syaratnya mudah yaitu Jujur dan Sanggup bekerja keras. Ijazah lulusan ga penting. Mau SD, SMP atau SMA silahkan masuk. Kalau untuk D3 dan S1 sementara belum perlu tetapi lihat sikon dulu, kalau usaha ini semakin maju ya ke depannya saya akan memerlukan tenaga ahli di bidang administrasi keuangan. Sementara saya dan istri yang mengelola usaha ini dulu."

Lumayan lama dia bercerita via telpon soal cara mengelola bisnisnya. Dia cukup bersyukur bisa menjadi wirausaha mandiri dan membuka lapangan pekerjaan bagi sesama yang membutuhkan. Wah, saya jadi bisa belajar bisnis gratis nih ... Real Bussiness. Ini waralaba lokal yang harus dikembangkan. Dicari Karyawan Jujur, Rajin!

1 comment:

  1. Dikirim kemana mas lamaranya....
    kalo membuka cabang baru ada cara2nya ndak.... apa ini cuman sekedar share info saja...

    salam kenal dari saya....

    ReplyDelete

Disclaimer:

This is a personal web site. Statements on this site do not represent the views or policies of my company. Tidares is not responsible for the views and opinions of any website linked to & from this page